Connect with us

Knowledge

Posisi Enak di Toilet Duduk atau Toilet Jongkok?

Published

on

Untuk bisa beraktivitas manusia memerlukan makanan sebagai energi untuk dibakar. Jenis makanan yang menyehatkan menjadi pilihan untuk memenuhi nutrisi tubuh sehari-hari. Kandungan nutrisi juga diolah oleh tubuh kita, setelahnya ampas makanan dikeluarkan berupa kotoran.

Sumber: pixabay.com

Saat itu biasanya perut akan beraksi. Kita merasa mulas dan terburu-buru untuk pergi ke kamar kecil. Saat di dalam kamar kecil biasanya ada 2 pilihan toilet yakni toilet duduk atau toilet jongkok. Biasanya di pusat perbelanjaan lebih banyak tersedia toilet duduk. Mengapa demikian?

Jika kita kembali lagi ke judul artikel lebih nyaman mana toilet duduk apa jongkok. Kita sudah bisa menebak kalau toilet duduk jauh lebih nyaman dibandingkan dengan toilet duduk. Ini juga menjadi pertimbangan pihak mall saat menyediakan fasilitas untuk pengunjung.

Selain itu, toilet duduk memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan lansia, disabilitas, ibu hamil dan penderita cedera lutut. Sehingga dibuat sedemikian mungkin untuk kenyamanan.

Jangan hanya kenyamanan saja yang dipikirkan. Faktanya, toilet duduk tidak menyehatkan untuk pencernaan. Selain itu, buang air besar menggunakan toilet duduk membutuhkan waktu lebih lama serta mengejan lebih kuat. Sehingga, jika kebiasaan ini terus dilakukan akan berisiko terkena wasir atau sembelit.

Sedangkan toilet jongkok lebih banyak memberikan manfaat kesehatan saat buang air besar. Melansir dari alodokter.com, ada sejumlah penelitian medis yang menyatakan bahwa berjongkok merupakan posisi yang sehat untuk melancarkan proses BAB. Dengan berjongkok, kinerja otot dan postur tubuh mendukung untuk mengejan.

Sebaliknya, pada posisi duduk otot saluran pencernaan akan menekan rektuk lalu menyempitkan saluran dubur. Sehingga bisa menghambat keluarnya kotoran dengan maksimal.

Dari kekurangan pada toilet duduk seperti dapat menyebabkan wasir. Toilet jongkok bisa menjadi solusi pencegahannya dengan melancarkan pergerakan usus.

Dapat disimpulkan bahwa penggunaan toilet jongkok lebih disarankan medis untuk proses membuang hajat. Tapi jika di rumah sudah tersedia toilet duduk. Tidak perlu dibongkar untuk digantikan dengan toilet jongkok. Kamu cuma perlu membeli bangku kecil untuk diletakkan di lantai untuk pijakan kaki. Posisi ini mirip dengan posisi kamu jongkok. Sehingga bisa membuat rileks otot-otot dan jalur keluar hajat lebih luas.

Jadi bagaimana milih toilet duduk atau toilet jongkok?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *