Connect with us

Fresh!

Upaya Memerangi Diabetes, Singapura Larang Iklan Minuman Manis

Published

on

Sebagai upaya untuk memerangi penyakit diabetes, Singapura menjadi negara pertama di dunia yang larang iklan minuman manis dalam kemasan.

Dilansir dari Business Insider, seluruh platform media massa dan kanal online larangan iklan minuman manis diumumkan oleh Pemerintahan Singapura.

Singapura larang iklan minuman Oleh karena itu kementerian Kesehatan Singapura akan berikan label nutrisi yang akan di letakan pada kemasan. Label minuman “Tidak Sehat” akan dicantumkan pada minuman dengan kadar gula sedang hingga tinggi.

Aturan tersebut berlaku pada minuman manis dalam kemasan botol, paket, dan kaleng. Ini termasuk minuman instan, minuman berkarbonasi, jus, minuman susu fermentasi, dan yogurt.

Dilansir dari The strait Times, rincian aturan ini akan segera diumumkan pada tahun 2020 mendatang.

Untuk mendorong produsen menurunkan kadar gula dalam minuman manis, ini adalah tujuan aturan dan pelanggaran yang dikatakan Menteri Negara Senior untuk Bidang Kesehatan Edwin Tong.

Benar adanya minuman manis diketahui punya dampak yang besar bagi kesehatan seseorang. Berbagai penelitian menunjukkan, untuk mengurangi penggunaan minuman manis bisa berpengaruh baik kepada kesehatan seseorang.

Dilansir dari Kompas, Survei yang dilakukan pada 2018 lalu menunjukkan rata-rata warga Singapura mengonsumsi 12 sendok teh atau 60 gram gula dalam sehari. Diabetes kini semakin menjadi permasalahan pelik di Singapura.

Dari angka diatas, separuhnya berasal dari minuman manis dalam kemasan.

Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan, label dengan pembeda warna akan menunjukkan jika minuman tersebut sehat, netral, atau tidak sehat. Label tersebut juga disertai informasi kadar gula dan persentase rasio gula di dalam minuman.

Menteri Negara Senior untuk Bidang Kesehatan mengatakan, Ini menjadi kekhawatiran, karena secara rata-rata, tambahan sajian minuman manis sebesar 250 ml per hari akan menambah risiko diabetes hingga 26 persen.

Bahaya Minuman Manis bagi Kesehatan Tubuhmu

1. Risiko penyakit jantung

singspura larang  iklan minuman masnis

Shutter Stock

Konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan risiko terjadinya gagal jantung. Hal ini disebabkan karena kandungan glukosa yang terdapat pada minuman manis dapat menyebabkan perubahan atas protein pada jantung.

2. Diabetes

Risiko penyakit jantung

Medical News

Aneka minuman manis seperti es teh, soda, dan minuman benergi dapat menyebabkan penyakit diabetes.

3. Risiko asam urat

singapura Larangan minuman manis

Hallosehat

Seseorang yang rajin mengonsumsi minuman manis seperti soda dan minuman kemasan dipercaya memiliki risiko asam urat 75% lebih tinggi daripada yang jarang mengonsumsi minuman manis.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *