Connect with us

Travel

Spot Wisata Kalimantan yang Ciamik

Published

on

Kalau mau jalan-jalan ke Kalimantan, pasti orang umumnya tahunya Pulau Derawan. Jangan salah, Kalimantan sebagai pulau terbesar kedua di Indonesia menyimpan banyak sekali wisata Kalimantan yang bisa kamu kunjungi. Mau tahu di mana saja?

Kampung Dayak Meratus, Kalimantan Selatan

Kita jalan-jalan dulu dari selatan Kalimantan. Wisata Kalimantan kali ini di kampung Dayang Meratus di Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang bisa kamu masukkan ke dalam list. Suku Dayak ini adalah penduduk asli Kalimantan yang tetap mempertahankan kearifan lokal dan budayanya.

Di sini kamu bisa mersakan tinggal bareng mereka di rumah-rumah penduduk. Asyik, kan? Selain bisa dekat dengan penduduk aslinya, kamu bisa ikut melakukan aktivitas sehari-hari dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

Pasar Terapung Muara Kuin, Kalimantan Selatan

wisata kalimantan
Sumber: blog.reservasi.com

Masih di selatan Kalimantan, pasar terapung Muara Kuin ini memiliki keunikan. Kamu masih ingat iklan salah satu stasiun TV yang menampilkan pasar apung? Kalau kamu mau melihatnya langsung, bisa mengunjungi pasar yang satu ini. Di sini juga tersedia spot kulineran unik yang berlokasi di atas kapal terapung. Gimana? Mau mencoba serunya?

Danau Sentarum, Kalimantan Tengah

Sekarang coba mampir ke Kalimantan Tengah. Di sini jangan sampai terlewatkan untuk mampir langsung Danau Sentarum. Nggak seperti Danau pada umumnya, Danau ini memiliki 2 wujud yang berbeda yang bergantung pada musim. Kok bisa/

Kalau kamu berkunjung saat musim penghujan, yang nampak dari danau ini adalah perairan biasa. Tapi, kalau kamu datang saat musim kemarau, akan muncul pepohonan serta padang rumput dengan kubangan air di sekitarnya. Unik y? itu sebab kenapa danau ini mendapat julukan sebagai danau musiman.

Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Sungai-sungai besar menjadi hal yang khas dari pulau Kalimantan, sekaligus dijadikan pusat kehidupan masyarakat setempat. Kalau ingin menikmati kehidupan asli orang Kalimantan, coba naik kapal motor dari Samarinda yang akan mengantarmu menyusuri sepanjang Sungai Mahakam.

Perjalanan akan memakan waktu selama 2 hari, tapi nggak perlu khawatir karena semua fasilitas yang kamu butuhkan tersedia di atas kapal. Selama perjalanan silakan menikmati kegiatan warga sekitar yang beraktivitas di sepanjang sungai.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *