Connect with us

Knowledge

Sambut Hari Sumpah Pemuda dengan Mengenang Lirik Bangun Pemudi Pemuda Karya Alfred

Published

on

Sebagai bentuk peringatan terhadap hari sumpah pemuda, lirik lagu “Bangun Pemudi Pemuda” karya Alfred Simanjuntak kini berubah menjadi Anthem yang bergema pada tanggal 28 Oktober

Salah satu seorang yang bersejarah pada Sumpah Pemuda yang paling terkenal adalah Muhammad Yamin, saat itu Yamin menjadi sekertaris dan penyusun ikrar Sumpah Pemuda. Ada panitis penting selain Yamin pada Kongres Pemuda, Misal Soegondo Djojopuspito yang menjabat ketua panitia.

lirik Bangun Pemudi Pemuda

Tempo

Sejarah panjang Hari Sumpah Pemuda ini menciptakan slogan “Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa”, yaitu Indonesia, yang terdiri dari Jong Batak (perkumpulan pemuda Batak), Jong Java (Jawa), Jong Sumatranen Bond (Sumatra), Jong Ambon, Jong Islamen Bond (pemuda Islam), Jong Minahasa (pemuda Minahasa) dan Jong Celebes (Sulawesi).

Penggagas Kongres Pemuda yang digelar pada 28 Oktober 1928 adalah Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI), Organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Hindia belanda.

Lirik lagu Bangun Pemudi Pemuda secara spesifik membicarakan tentang semangat kaum muda, yang kelak menjadi alhi waris dari penerus bangsa.

Bukanlah gampang menciptakan lagu pada masa-masa menuju kemerdekaaan.

Karena liriknya membakar semangat, sosok Alfred pernah diburu oleh polisi militer Jepang, demikian dilansir dari buku Lagu Wajib Nasional tulisan Wildan Bayudi.

Berikut Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda:

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai putra negri

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *