Connect with us

Fresh!

Potensi Besar, Raiz Invest Fintech Asal Asutralia Bidik Milenial Indonesia

Published

on

Perusahaan teknologi finansial asal Australia Raiz Invest, menyebut potensi pasar investasi di Indonesia cukup besar.

Michael N Luhukau, Komisaris Raiz Invest Indonesia mengungkapkan, meski Australia dan Indonesia mempunya perbedaan budaya, alat, dan wadah dalam berinvestasi, namun dua negara ini memiliki kaum milenial yang cukup besar. Selain itu, kaum milenial juga mempunyai kesamaan pola pikir dalam mengatur masa depan sehingga menarik tertarik untuk berinvestasi.

“Jadi, kurang lebih sebenarnya (pola pikir) investasi bagi pasar milenial di Indonesia dan Australia itu mirip,” kata Michael

Alasan tersebut membuat Rauz Unvest berekspansi di Indonesia. Selain itu, dengan jumlah penduduk Indonesia mencapai 260 juta jiwa, dan penetrasi pengguna internet mencapai 140 juta. Dengan data tersebut, dianggap Raiz Invest potensinya sangat besar khususnya untuk generasi milenial.

Bukan hanya itu saja, menurut Raiz Invest, mayoritas kaum milenial di Indonesia belum memiliki rekening bank karena alasan khawatir mengeluarkan terlalu banyak uang (over spending). Tapi, di sisi lain banyak pula yang sudah memiliki dompet digital.

“Jadi, menurut kami penetrasi pasar inklusi keuangan memang lebih cocok lewat teknologi, khususnya di bidang investasi,”

lanjut Michael. Jadi, dengan hal tersebut Raiz Invest ingin mendorong investasi reksa dana melalui aplikasinya dengan jumlah yang bisa dibilang receh yakni mulai dari Rp10 ribu.

Di dalam aplikasi Raiz, terdapat tiga pilihan fitur yang bisa digunakan oleh pengguna. Yang pertama adalah fitur Lump Sum Investment atau bisa disebut dengan investasi seketika. Di fitur ini, pengguna bisa langsung menginvestasikan dananya dalam jumlah tertentu dengan jangka waktu tertentu.

Fitur yang kedua adalah Recurring Investment, dalam fitur ini pengguna bisa melakukan cicilan investasi dalam jumlah serta frekuensi tertentu.

Kemudian fitur ketiga Round-up di mana setiap selisih dari nilai transaksi di rekening bank atau uang elektronik yang terhubung dengan aplikasi Raiz sebagai akun pengeluaran (Sepending account) akan dibulatkan ke atas. Jika pembulatan yang telah terkumpul mencapai jumlah tertentu, maka dana di rekening bank atau uang elektronik yang telah terhubung di aplikasi Raiz sebagai akun pendanaan akan didebit lalu dananya bisa diinvestasikan ke efek pasar modal.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *