Connect with us

Knowledge

Perubahan Joker Dari Masa ke Masa. Mana Favorit kamu?

Published

on

Joker adalah Ikonic superhero DC. Kemunculan badut sadis ini bahkan selalu dinanti dari masa ke masa setiap tentang produksi film terbaru.

Joker selalu dianggap sebagai salah satu karakter musuh terbaik dalam sejarah buku komik .

Sang “pangeran badut kejahatan” yang memulai debutnya di tahun 1940 ini digambarkan sebagai seorang psikopat dengan selera humor yang sadis dan hobi menebarkan teror serta kekacauan di Gotham.

Karakter Joker pun beberapa kali telah diangkat baik ke layar lebar, animasi, maupun video game, dan biasanya dimunculkan sebagai musuh utama dari Batman.

Baru ini, Koler mendapatkan film solonya untuk pertama kali. Film ini menceritakan asal usul joker yang diperan kan oleh Joaquin Phoenix.

Sebelum Joaquin Phoenix, sebelumnya banyak yang telah memerankan joker ini.

Berikut pemeran Joker dari masa ke masa. Menurut kalian mana yang favorit?

Cesar Romero

Joker dari masa ke masa

Twitter

Aktor, penari, dan penyanyi Cesar Romero adalah sosok pertama yang memerankan Joker versi live action. Peran itu dimainkannya di serial televisi Batman Joker dari masa ke masa (1966 – 1968).

Riasannya cukup sederhana dengan face paint putih, eyeliner tebal, dan lipstik merah yang digambar menyerupai mulut menyeringai.

Romero menolak untuk mencukur kumisnya demi peran ini. Jadi kumisnya hanya disembunyikan dengan sapuan cat yang lebih tebal.

Jack Nicholson

Joker dari masa ke masa

mxdwn Movie

Karakter Joker yang diperankan Jack Nicholson di film Batman (1989) tampak lebih kelimis daripada Joker versi Romero. Nicholson tampil dengan rambut tersisir rapi, riasan putih sempurna, dan seringai palsu yang dibuat dengan teknologi lebih canggih.

Menurut artikel lansiran HypeBeast, riasan makeup Joker ini terinspirasi dari coret-coretan Michael Uslan, EP proyek-proyek Batman. Uslan menggunakan tipex di foto Jack Nicholson yang terpampang di surat kabar tahun 1980. Sembilan tahun kemudian, Nicholson mengadopsi ide Uslan untuk makeup Joker.

Heath Ledger

joker Dari masa ke masa

youtube

Dua dekade setelah Joker muncul di layar lebar, aktor Heath Ledger mengambil alih tongkat estafet dari Nicholson. Saat itu dia dipandang tak bakal mampu menghidupkan Joker, karena citranya sebagai aktor muda berwajah tampan. Walaupun begitu, Ledger berhasil menghasilkan Oscar untuk karakter Joker di The Dark Knight (2008).

Jika dilihat dari segi penampilan, Joker versi Ledger adalah yang paling sederhana. Bahkan berkesan lusuh. Namun justru kesan realistis inilah yang dicari.

Ledger merias sendiri wajahnya dengan perlengkapan makeup untuk teater. Cat putih dan merah dioleskan dengan tangan untuk mendapatkan kesan berantakan. Kalau Anda perhatikan di filmnya, tangan Ledger sendiri masih terlihat belepotan cat.

Jared Leto

joker dari Masa ke masa

The verge

Aktor dan penyayi Jared Leto giliran memerankan Joker di Suicide Squad (2016). Bisa dibilang Joker versinya adalah yang paling modis. Alih-alih seperti badut, Joker di film ini justru tampak seperti anggota gangster nan modis dengan jaket kulit, setelan mahal, bling-bling, tato, dan gigi emas.

Joaquin Phoenix

Aktor teranyar yang memerankan si badut kriminal adalah Joaquin Phoenix. Karena latar yang dipilih adalah Gotham di tahun 80-an, penampilan Joker versinya pun terlihat lebih 80’s.

Menurut SYFY WIRE, riasan Joker ini merupakan hasil karya makeup artist Nicki Ledermann. Konsepnya adalah menciptakan karakter badut jalanan yang terlihat sedih dan menakutkan di saat yang sama.

Jadi, Joker versi siapa yang menurut Anda paling favorit?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *