Connect with us

Knowledge

Persiapan Diri Saat Musim Hujan Ini Agar Terhindar dari Sakit!

Published

on

Manusia memang makhluk yang hampir tidak pernah puas dengan kondisinya. Saat musim kemarau mengeluh karena panas dan kering. Ketika musim hujan tiba galau beraktivitas karena khawatir kehujanan dan jatuh sakit. Padahal, jika kamu mau ada lho cara persiapan diri saat musim hujan! Dengan demikian sakit dapat diminimalisir resikonya.

persiapan diri saat hujan
Sumber: pixabay.com

Ikuti Cara Mempersiapkan Diri Saat Musim Hujan Ini Agar TerJaga dari Sakit!

Pada dasarnya, penyakit ada di mana-mana. Baik musim hujan atau kemarau. Hanya saja, orang beranggapan musim hujan tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Ini kemungkinan disebabkan karena tubuh yang kehujanan dan bakteri memang tumbuh subur di tempat yang lembap.

Namun, dengan beberapa langkah berikut kamu dapat meminimalisir resiko sakit. Mau tahu apa saja? Yuk simak penjelasan singkat di bawah ini.

Menjaga Agar Tubuh Selalu Tetap Kering

Umumnya sakit di musim hujan karena tubuh kamu basah, kehujanan, dan kedinginan. Kondisi yang dingin menyebabkan daya tahan tubuh ikut menurun. Bakteri dapat masuk dengan mudah.

Jagalah agar kondisi tubuh tetap kering, misalnya dengan membawa payung, jas hujan, dan pakaian cadangan saat pergi. Jangan lupa membawa pula baju hangat untuk perjalanan jauh.

Tetap Mandi Dua Kali Sehari

Musim hujan udara lebih dingin daripada biasa. Beberapa orang menjadi malas mandi.

Jangan biasakan hal tersebut terjadi. Tetaplah mandi 2 kali sehari karena mandi tidak hanya menyegarkan. Mandi membuat kuman-kuman yang menempel di tubuh ikut hilang.

Konsumsi Makanan Bergizi

Kedinginan dan kelelahan membuat daya taha tubuh menurun. Konsumsilah makanan bergizi yang lengkap, khususnya vitamin C saat musim hujan. Vitamin ini mengandung antioksidan untuk peningkatan daya tahan tubuh. Jika perlu, konsumsi pula vitamin dalam bentuk obat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Menyiapkan Obat-Obatan Apotek atau Herbal

Siapkanlah selalu obat-obatan sederhana tanpa resep dokter di rumah atau obat herbal. Obat tersebut misalnya, penurun panas, batuk, dan diare. Obat-obatan ini akan membantu kamu mengatasi penyakit ringan secara cepat dan tepat.

Tidak Menggunakan Pakaian Ketat

Saat musim hujan, sebaiknya kamu juga tidak mengenakan pakaian ketak. Pakaian jenis ini membuat tubuh lebih lembap dan bakteri akan tumbuh lebih cepat.

Memakai Sepatu

Terakhir adalah menggunakan sepatu saat musim hujan. Sepatu melindungi kaki dari kotoran tanah yang menempel atau bersentuhan dengan genangan air secara langsung. Tanah dan genangan air mungkin menjadi penyebab menularnya berbagai penyakit.

Itulah 6 cara persiapan diri saat musim hujan! Langkah yang mudah dan sangat menghemat biaya. Ya, karena pengobatan kala sakit cukup mahal dewasa ini. Aktivitas juga menjadi terhambat cukup lama.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *