Connect with us

Fresh!

Nasib Gojek Kalau Ditinggal Nadiem

Published

on

Nama Nadiem Makarim masuk ke dalam daftar salah satu calon menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo, setelah berhasil memenangkan kembali pilpres 2019-2024. Tawaran ini kemudian dikonfirmasi oleh Nadiem sebagai bukti persetujuan untuk menjadi menteri.

Dengan Nadiem menerima tawaran dari Presiden Jokowi, Nadiem mengambil keputusan besar yakni mengundurkan diri sebagai CEO di Gojek. Kabar ini menuai pro dan kontra, khususnya para driver Gojek.

nasib gojek
tirto.id

Nantinya posisi CEO akan digantikan oleh Andre Soelistyo, Presiden Gojek Group, serta didampingi oleh Kevin Aluwi, co-founder Gojek yang sekarang mengisi posisi co-CEO. Lalu, bagaimana nasib Gojek yang “ditinggalkan” oleh Nadiem?

Menurut seorang eksekutif senior dari firma ekuitas yang menjadi salah satu penanam modal di Gojek mengungkapkan justru mundurnya Nadiem dari CEO Gojek akan memberi dampak positif.

Ia menuturkan meski selama ini Nadiem menjadi wajag Gojek, Kevin dan Andre adalah orang-orang operasional yang berperan besar di balik layar. Dia menambahkan bahwa Gojek sudah mengumumkan kepada investor kalau ada perubahan struktur perusahaan, yang berhubungan dengan bergabungnya Nadiem dengan pemerintah.

Melansir Kompas Tekno dari Reuters, Selasa (22/10/2019), Winston Cheng beryakinan bahwa Nadiem bisa membantu meningkatkan industri teknologi dalam hal regulasi, infrastruktur, serta kekurangan tenaga kerja IT.

Pengamat startup, Rama Mamuaya mengeluarkan pendapat yang sama. Masuknya seorang pendiri perusahaan yang berfokus pada hasil seperti apa yang dilakukan Nadiem bakalan menjadi sebuah angin segar untuk iklim industri.

Wicak Hidayat selaku pengamat startup berpikiran sama, Nadiem yang memiliki pola pikir “problem solving” akan sangat bermanfaat di dunia pendidikan. Meski demikian, ia juga menyarankan Nadiem untuk cepat beradaptasi lingkungan di pemerintahan. “Tentunya transisi dari dunia startup yang serba cepat ke dunia birokrasi bukan hal mudah,” ujarnya.

Lalu menyoal bagaimana nasib Gojek saat ditinggal oleh Nadiem, Rama dan Wicak sama-sama sepakat optimis karena jajaran pimpinan di Gojek dinilai solid. Nadiem pernah mengungkapkan bahwa ia selal merekrut orang yang lebih pintar darinya. Artinya nasib gojek ditinggal Nadiem akan tetap baik-baik saja.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *