Connect with us

Knowledge

Mengenal Lebih Dalam Apa itu Mixtape?

Published

on

Apa itu Mixtape? mixtape adalah kompilasi yang sering direkomendasi pada suatu aplikasi denger musik online. Tapi kamu tahu nggak mixtape itu apa? disini kami akan membahas mixtape serta perbedaan dengan playlist dan album.

Seperti yang sudah diketahui, saat ini banyak musisi yang memilih untuk merilis mixtape untuk menyapa penggemar.

Supaya gak salah paham, ada baiknya kamu mencari tahu pengertian mixtape yang sebenarnya.

Simak informasi selengkapnya di sini!

Menurut Wikipedia, mixtape adalah kompilasi musik dari berbagai sumber yang direkam ke dalam satu media seperti kaset, CD, atau digital playlist.

Umumnya, kompilasi lagu ini disusun secara berurutan sesuai dengan beat setiap lagu.

Penyebutan mixtape dari menurut para pengguna tape atau yang biasa disebut kaset pita adalah media untuk mengumpulkan rekaman-rekaman suara atau lagu dari beberapa sumber.

Look Up Record

Banyak sumber untuk mengumpulkan beberapa lagu untuk dijadikan sebagai campuran atau mix seperti misalnya dari radio maupun piringan hitam.

Pada dasarnya mixtape dan playlist memiliki tujuan yang sama yaitu banyak musisi atau lagu menjadi satu yang siap diputar.

Namun, pada proses penyusunannya mixtape memiliki usaha yang lebih banyak dibanding dengan menyusun playlist digital yang makin mudah di zaman sekarang.

Mixtape Dulu vs Sekarang

Pinterest

Definisi mixtape telah berubah seiring dengan perkembangan zaman. Dahulu, mixtape adalah kumpulan lagu-lagu dari siaran radio yang sengaja direkam ke dalam tape.

Jadi, mau gak mau kamu mesti sabar menunggu lagu yang kamu suka diputar di radio untuk akhirnya diabadikan ke dalam tape.

Saat ini, mixtape adalah salah satu media berisi kompilasi lagu atau hasil remix yang diberikan artis atau musisi kepada penggemarnya. Lagu-lagu ini diunggah lewat platform digital seperti SoundCloud atau Spotify.

Saat ini banyak musisi memilih mixtape untuk promosi dalam menujukan hasil kretivitas dalam bermusik atau hanya sekedar menyapa para pendengar.

Ada hal yang lebih menarik, mixtape dirilis secara publik secara gratis sehingga siapapun dapat menikmati lagunya.

Perkembangan zaman juga membawa banyak musisi yang memilih rilis karya nya secara digital, terlebih lagi sudah banyak platform musik digital.

Beragam platform musik juga memberikan fitur untuk membuat playlist didalamnya, dan bisa memeberikan kemudahaan lagi bagi setiap orang untuk membuat playlist bahkan menyebarkannya.

Seorang yang membuat mixtape ataupun playlist tidak hanya menciptakan sebuah tematis dan bernuansa.

Namun, daftar putar yang kita buat sudah pasti akan terasa personal, bahkan mixtape atau playlist bisa dikatakan sebagai bukti identitas diri.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *