Connect with us

Knowledge

Ternyata Luar Biasa Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Published

on

Mandi merupakan rutinitas yang dilakukan manusia agar badan bersih. Namun, tidak banyak orang yang tahan mandi air dingin. Apalagi di musim penghujan.. Hii! Badan akan menggigil kedinginan. Padahal ternyata banyak manfaat mandi dengan air dingin lho! Nggak percaya? Simak terus tulisan kali ini!

Manfaat Mandi dengan Air Dingin
Sumber: pixabay.com

Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Mandi sebaiknya dua kali sehari. Manfaatnya tidak hanya membuat tubuh lebih segar, tetapi juga bersih dari kuman dan kotoran.

Namun, banyak sekali orang yang suka menghindari mandi pagi hari. Apalagi di musim hujan, Dingin menjadi alasan. Kalaupun mandi, banyak yang akhirnya menggunakan air hangat.

Sst.. Tahukah kamu mandi air dingin mempunyai manfaat seperti di bawah ini?

Menurunkan Berat Badan

manfaat mandi air dingin
Sumber: pixabay.com

Wah, apa hubungannya mandi air dingin dengan turunnya berat badan?

Logikanya sangat sederhana, saat mandi air dingin tubuh akan membakar lemak untuk menghangatkan diri. Nah, semakin rajin kamu mandi air dingin lemak yang terbakar semakin besar bukan? Lemak tubuh akan hilang sedikit demi sedikit.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sumber: pixabay.com

Berdasarkan penelitian yang dirilis oleh Thrombosis Reasearch Institute di Inggris pada tahun 1993, mandi air dingin meningkatkan fungsi sel-sel darah putih. Ini berkaitan dengan poin pertama, tubuh mengalami metabolisme untuk membakar lebih banyak lemak.

Selain itu, air dingin diyakini juga dapat memperlancar peredaran darah manusia. Akibatnya, jantung menjadi lebih sehat.

Kulit Lebih Sehat

Mandi air dingin juga membuat kulit menjadi lebih sehat. Air ini membantu mengurangi produksi minyak alami pada kulit, khususnya pada wajah. Apalagi air ini juga mampu mengencanhkan kutikula dan pori-pori. Akibatnya, kulit menjadi lebih mulus, halus, dan lebih segar.

Tidak salah ya, orang-orang jaman dahulu kelihatan lebih segar meskipun sudah berusia lanjut, padahal mereka tidak bermake up. Ini mungkin karena mereka rajin mandi pagi tanpa air hangat.

Mengurangi Stres

Dalam jurnal Examinedexistance menyebutkan bahwa tubuh yang terbiasa mandi air dingin akan tangguh secara fisik dan mental.

Ketangguhan fisik berkaitan dengan meningkatnya daya tahan tubuh.

Ketangguhan mental disebutkan karena saat mandi ada kadar peningkatan gluthathione dalam darah. Zat ini bekerja lebih optimal dalam tubuh sehingga mengurangi stres.

Wah ternyata luar biasa manfaat mandi dengan air dingin ya! Yuk, coba mulai besok mandi di pagi hari dengan air dingin!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *