Connect with us

Knowledge

Lokananta, Studio Musik Tertua di Indonesia yang Legendaris

Published

on

Lokananta

Jika berbicara tentang musik di Indonesia, tentu nama Lokananta tak bisa dilupakan begitu saja, karena studio musik yang satu ini adalah studio paling tua di Indonesia dan menjadi satu-satunya milik negara.

Studio Lokananta ini berada di kota Batik, Solo. Dibangun pada tahun 1956 atas semangat Bung Karno yang saat itu ingin menunjukkan bahwa Indonesia juga bisa memiliki dan memproduksi Piringan Hitam (PH) sendiri. Sebab, di tahun-tahun itu, banyak lagu barat dalam bentuk Piringan Hitam menguasi siaran di Radio Republik Indonesia (RRI).

Awal mula berdiri, sebenarnya Lokananta adalah pabrik resmi Piringan Hitam yang berisi materi suara untuk RRI dengan nama Pabrik Hitam Lokananta Jawatan Radio Kementerian Penerangan Republik Indonesia.

Tapi di tahun 1961, Lokananta mengembangkan unit bisnisnya menjadi perusahaan rekaman yang khusus memproduksi lagu daerah, pertunjukkan kesenian, dan penerbitan buku dan majalah.

Bukan hanya itu saja, ternyata rekaman lagu Indonesia Raya, pidato Bung Karno saat Konferensi Asia Afrika pertama pada tahun 1955 di Bandung juga direkam di Lokananta. Bahkan, lagu Genjer-genjer pun juga direkam di studio Lokananta.

Selain itu, musisi-musisi legendaris seperti Gesang, Waldjinah, Titik Puspa, Ismail Marzuki, Jack Lesmana, Bing Slamet juga memproduksi lagu-lagunya di Lokananta. Bisa dibilang, para musisi tersebut lahir dan dibesarkan oleh Lokananta.

Jika kita lihat di era sekarang, banyak musisi juga yang melakukan rekaman di sini, misalnya ada Glen Fredly, Naif, hingga White Shoes & The Couples Company serta Efek Rumah Kaca. Merekan menjalani proses rekaman albumnya di Lokananta.

Studio Loakananta di bawah pengawasan langsung dari Perum Percetakan Negara dan juga memiliki andil terhadap keberlangsungan Radio republik Indoensia (RRI).

lokananta via: Whiteboard Journal

Lokananta via: Whiteboard Journal

Lokananta Jadi Pusat Arsip Musik Indonesia

Saat ini Lokananta menjadi pusat arsip musik Indonesia dan telah memiliki lebih dari 40 ribu koleksi kaset hingga piringan hitam serta terdapat ratusan alat rekaman yang tersimpan rapi.

Selain itu, Studio Lokananya juga memiliki studio mizer yang langka di dunia. Sebab, hanya Lokananta dan BBC di London Inggris yang memiliki alat untuk mixing materi.

Jika kamu ingin jalan-jalan atau wisata sejarah khususnya musik Indonesia, kamu bisa datang langsung ke Studio Lokananta di Ll. A. Yani No.379, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57143.

Yuk belajar mengenali musik Indonesia dari Lokananta!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *