Connect with us

Knowledge

Lebih Bersih dengan Tisu Atau Air Setelah BAB?

Published

on

Sebelumnya pernah saya bahas mengenai mana yang lebih nyaman untuk BAB; toilet duduk atau toilet jongkok. Di artikel ini, saya juga mau membahas setelah BAB cara mana yang paling bersih untuk membersihkan anus. Apakah dengan tisu atau air setelah BAB?

Tisu Atau Air Setelah BAB
Sumber: pixabay.com

Banyak dari kita yang masih sering memakai tisu saat setelah buang air besar mau pun kecil. Ini mungkin terjadi demi menjaga area kamar kecil tetap kering. Tapi sadarkah kita kalau membersihkan hanya dengan tisu tidak efektif? Ini karena tisu berupa benda padat yang bisa meninggalkan sisa noda kotoran. Sedangkan air mampu membilas tuntas kotoran.

Sejarah Penggunaan Tisu

Kebiasaan penggunaan tisu toilet ini lebih sering terjadi di negara barat termasuk Inggris dan AS. Kedua negara ini memiliki pengaruh besar atas penggunaan toilet modern. Hal ini dicatat oleh sejarawan arsitektur, Barbara Penner, dalam bukunya Bathroom.

Tren toilet anglo-Amerika ini cukup terkenal di tahun 1920-an, dan disebut sebagai imperialisme sanitasi. Meski demikian, tren ini tidak lekas menyebar di negara Asia khususnya negara mayoritas muslim. Ini dikarenakan ajaran kepercayaan muslim mengenai penggunaan air untuk pembersihan. Direktorat Urusan Agama Turki juga mengeluarkan fatwa tahun 2015 bahwa penggunaan tisu diperbolehkan jika tidak tersedia air.

Tisu Basah Bisa Jadi Alternatif

Jika toilet tidak menyediakan fasilitas bilas, tidak ada pilihan lain selain membersihkan area intim dengan tisu. Namun, ada yang perlu kamu ketahui bagaimana cara membersihkan dubur dengan tisu setelah BAB.

Jangan menggosok-gosok berkali-kali karena akan melukai kulit di area bokong. Ini bisa kamu atasi dengan menggantinya dengan tisu basah. Karena tekturnya yang lebih lembut. Sehingga, aman saat bergesekan dengan kulit bokong.

Berdasarkan penjelasan dari Dr. Joel Krachman, MD, Kepala Gastroenterologi AtlantiCare Regional Medical Center, New Jerwsey, Amerika Serikat bahwa penggunaan tisu basah bisa menjadi alternatif yang baik. Selain itu, perlu memastikan tidak ada kandungan alkohol serta berbahan pengawet seperti methylisothiazolinone. Karena menurutnya, bahan tersebut bisa mengakibatkan alergi bagi beberapa orang.

Atas sarannya, sebaiknya kita memilih tisu basah yang melembapkan serta melembutkan supaya kulit di area bokong tidak iritasi. Kandungannya bisa berupa aloe, atau witch hazel sebagai antiseptik alami.

Sudah umum diketahui bahwa penggunaaan tisu tidak higienis. Tapi, apa boleh buat kalau fasilitas toilet di mall kebanyakan tidak menyediakan air. Jadi, bagaimana kamu tetap memakai tisu atau beralih ke air setelah BAB?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *