Connect with us

Knowledge

Konsep Ikigai Bisa Membuang Rasa Malasmu

Published

on

Pernah nggak sih kamu setiap pagi malas bangun karena harus menghadapi hari? Bahkan rasa malas selalu menghantui setiap kali kamu mencoba beraktivitas. Atau lebih parahnya lagi, kamu kehilangan motivasi. Eits, jangan biarkan sampai hal tersebut terjadi ya.

Coba deh kamu segera mencari ikigaimu. Ikigai merupakan sebuah nilai hidup berasal dari kebiasaan orang Jepang. Konsep ini yang bisa menjaga semangat untuk menjalani hari-hari. Jadi tidak heran kenapa orang Jepang sangat erat dengan karakter pekerja keras, disiplin, dan memiliki motivasi yang tinggi.

Pertanyaan seperti, “Untuk apa saya hidup?”, “Kenapa saya harus bangun pagi?” bisa dijawab dengan menganut konsep ikigai.

Supaya lebih memahami konsep dari ikigai itu sendiri. Kamu bisa melihat gambar tercantum di bawah ini.

Ada 4 elemen kunci yakni gairah (passion), misi (mission), profesi (profession) lalu pekerjaan (vocation) yang membentuk konsep ikigai. Jika keempat elemen itu digabungkan maka terbentuk konsep ikigai. Untuk mengetahuinya lebih dalam, kamu juga harus bisa menjawab 4 pertanyaan di bawah ini:

  1. Apa yang kamu cintai?
  2. Apa saja kemampuanmu?
  3. Apa yang dibutuhkan oleh dunia ini?
  4. Apa yang memberimu timbal balik?

Passion

Pada bagian “what you love” sebagai hal-hal yang kamu sukai yang beririsan dengan “what you are good at” yang merupakan sesuatu yang bisa kamu lakukan disebut dengan passion. Misalnya kamu suka membaca, dan juga dibarengi dengan kemampuan menulis. Perpaduan kecintaan dan kemampuan bisa menjadi sebuah passion yang selama ini kamu cari.

Profession

Untuk bagian yang kamu bisa yakni “what you are good at” dan karena kemampuan itu akhirnya kamu menghasilkan uang, “what you can be paid for“, maka hal itu disebut dengan profesi. Dari kesukaanmu membaca dan akhirnya memutuskan untuk menulis sebuah buku. Kalau buku banyak yang membeli, maka penulis menjadi profesimu.

Vocation

Ketika kamu melakukan sesuatu demi kebutuhan banyak orang yang merupakan bagian dari “vocation“, dan beririsan dengan bagian “what the world needs” itu disebut dengan keahlian. Misalnya, kamu berinisiatif menerbitkan buku mengritik ketidakadilan sosial, atau menggalang dana buat bencana alam.

Mission

Misal kamu suka akan suatu hal, “what you love” dan kesukaanmu itu beririsan dengan apa yang dibutuhkan banyak orang, “what the world needs” maka bisa dibilang itu adalah misimu.

Kalau sudah memahami konsep ikigai, sesulit apapun rintangan pasti akan mudah dihadapi. Kalau kamu sudah menemukan ikigaimu,jadikan alasan ikaigamu itu alasan untuk bangun pagi. Sudah kembali semangat lagi dengan rutinitas?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *