Connect with us

Knowledge

Kenapa Orang Indonesia Suka Sekali Makan Nasi?

Published

on

Kamu sudah makan semangkuk bakso di siang hari. Namun, ketika ditanya kamu akan menjawab belum makan siang. Jawaban serupa juga akan diberikan oleh banyak orang lain. Di Indonesia, nasi adalah sumber karbohidrat favorit. Hmm.. Kenapa orang Indonesia suka sekali makan nasi? Belum makan jika tidak ada nasi dalam menu?

orang Indonesia suka makan nasi
Sumber: pixabay.com

Ini Alasannya Kenapa Orang Indonesia Suka Sekali Makan Nasi!

Hampir seluruh masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Hanya beberapa daerah tertentu saja, seperti di Papua orang makanan jenis karbohidrat lain.

Tidak tanggung-tanggung, makan nasi harus 3 kali sehari. Makan dengan lauk sederhana atau lebih sedikit dibandingkan jumlah nasi tetap terasa enak dan lezat.

Mengapa nasi menjadi favorit? Ini alasannya!

  1. Indonesia negara agraris, kebanyakan masyarakatnya adalah petani padi yang diolah menjadi nasi.Makan nasi adalah penyerapan dari sumber daya yang ada, membantu petani dengan membeli hasil kerja kerasnya.
  2. Mindset atau pemikiran bahwa  belum makan nasi tidaklah disebut makan. Bahkan, beberapa orang  makan bakso atau siomay saja dicampur nasi. Kamukah tu?
  3. Kebiasaan dan tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun. Sejak nenek moyang, mereka sudah makan nasi. Tradisi yang sudah dalam tahapan diserap dan sulit untuk dihilangkan.
  4. Makanan lain, seperti singkong dan sagu dianggap sebagai makanan golongan rendah. Makanan orang-orang yang tidak mampu membeli nasi. Ini dikarenakan karena memang harga singkong, sagu, dan lainnya lebih murah.
  5. Nasi dibuat menjadi berbagai olahan yang enak sehingga tidak pernah bosan. Tentunya kamu tahu ada berbagai jenis olahan ini, seperti nasi kapau, nasi uduk, nasi goreng, nasi bakar, dan lain-lain.
  6. Nasi mengandung bahan glikemik atau zat yang membuat orang ketagihan. Glikemik ini membuat tubuh memberi sinyal rasa lapar ketika belum makan nasi.

Itulah alasan kenapa orang Indonesia suka sekali makan nasi! Sesuatu yang seharusnya mulai kamu kurangi perlahan. Mengapa? Karena nasi yang kamu makan saat ini kebanyakan impor dari Vietnam dan Thailand. Makan nasi yang terlalu berlebih juga menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes dan kolesterol.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Ternyata Ini Sebabnya Kenapa Indonesia Menyetir di Sebelah Kanan - Wananow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *