Connect with us

Knowledge

Kenapa Kita Harus Punya Hobi?

Published

on

Memiliki hobi menjadi sebuah kegiatan pengisi waktu kosong, sekaligus kita bisa belajar kemampuan baru. Dunia penuh dengan pilihan aktivitas yang menggairahkan yang bisa kita coba untuk menemukan apa sebenarnya hobi apa.

kenapa punya hobi
Sumber: pixabay.com

Hobi bisa disebut sebagai ketertarikan yang jauh dari profesi kita untuk mencari penghidupan. Misal, kamu bekerja sebagai pegawai bank yang memiliki hobi fotografi, atau seorang pilot yang suka sekali bernyanyi. Memiliki hobi merupakan sebuah anjuran, karena bisa menjadi kegiatan mediasi setelah bekerja dengan penuh tekanan.

Alasan Memiliki Hobi

Ada alasan lain kenapa kamu harus memiliki hobi, kalau belum punya ini daftar alasan kenapa kamu tetap harus punya, sebagai berikut:

Menjadikanmu Lebih Menarik

Seseorang yang memiliki hobi akan menjadi pribadi yang menarik karena mempunyai cerita-cerita yang bisa dibagikan ke teman-teman. Kamu juga bakalan punya pengetahuan yang spefisik dan bisa berkumpul dengan teman-teman dengan ketertarikan yang sama.

Mengurangi Dampak Stress

pixabay.com

Jika kamu merasa suntuk dengan pekerjaan sehari-hari yang penuh dengan tekanan. Melakukan yang kamu suka saat senggang, mampu meminimalisir dampak akibat stress.

Mengurangi Kebiasaan Buruk.

Jika kamu selalu mengisi waktu luang dengan kegiatan positif seperti melakukan hobi. Maka, kamu akan terbiasa menyiakan waktu luangmu.

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas tadi. Ada seorang asisten profesor psikologi dari Universitas California bernama Matthew Zawadki, yang menganalisa detak jantung serta tingkat stress orang dari kegiatan sehari-harinya. Ada sekitar 115 orang dengan rentang usia 20 – 80 yang diminta untuk menuliskan aktivitasnya dalam buku harian.

Dari hasil penelitian tersebut, responden yang menghabiskan waktu senggangnya dengan melakukan hobinya memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Di samping itu, sekitar 18% juga merasa lebih bahagia setelah melakukan hobinya.

“Kita masih bicara mengenai jangka pendek, tetapi dipastikan ada efek yang lebih baik untuk jangka panjang. Sangat masuk akal jika hobi dapat meningkatkan kesehatan bagi jangka waktu yang panjang,” ujar Zawadzki.

Di Amerika sendiri dengan kesibukannya, stres menjadi penyakit yang paling banyak menjangkiti. pada akhirnya, stress bisa memicu berbagai penyakit mulai dari jantung, hipertensi, hingga hormon yang tidak seimbang. Sekarang kamu sudah tau alasan kenapa harus punya hobi. Jadi, kalau kamu belum tau hobimu apa, coba untuk mengeksplorasi lebih.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *