Connect with us

Knowledge

Kenapa Ada Orang yang Takut Ketinggian?

Published

on

Takut, rasa yang dimiliki manusia. Artinya ketakutan terhadap sesuatu adalah wajar selama tidak berlebihan. Berlebihan yang dimaksud adalah sangat takut sehingga jika dalam kondisi tertentu seseorang merasa panik, cemas, bahkan sampai melakukan tindakan yang di luar kendali. Salah satunya adalah akrofobia atau takut ketinggian. Kenapa ada orang yang takut ketinggian? Yuk ketahui sebabnya!

orang takut ketinggian
Sumber: pixabay.com

Ini Beberapa Hal yang Menyebabkan Kenapa Ada Orang Takut Keinggian

Berada pada suatu ketinggian memang menyeramkan. Namun, jika kamu sampai merasa cemas, stres, dan panik itu artinya terserang akropfobia.

Gejalanya akan dialami saat berada di tempat-tempat, seperti balkon, jembatan penyeberangan, melihat keluar jendela gedung tinggi, atau hanya sekadar duduk di bangku stadion atau di bioskop. Penderita akrofobia akan menghindari semua tempat di atas.

Kenapa seseorang dapat sangat takut dengan kondisi tinggi? Ini beberapa sebab yang mungkin dialami.

  1. Pernah jatuh dari ketinggian saat kecil. Diingat atau tidak, bagi beberapa orang jatuh dapat menyebabkan trauma yang cukup mendalam. Apalagi jika akibat dari jatuh dirasakan cukup parah.
  2. Pernah melihat seseorang jatuh dari ketinggian yang tidak disengaja dan akibatnya sungguh berat. Ini juga dapat menimbulkan trauma bagi seseorang, apalagi di usia yang masih muda.
  3. Nyaris jatuh dari ketinggian, ternyata juga dapat menimbulkan akrofobia lho! Ya, perasaan was-was, sangat hati-hati mungkin saja terbawa . Ketakutan akan benar-benar jatuh terus menghantui.
  4. Kebiasaan yang dibawa dari lingkungan biasanya ada dengan sendirinya. Mungkin juga karena sebelumnya sangat dijaga dengan hati-hati oleh orang tua. Kamu selalu dilarang untuk berada di tempat yang sedikit tinggi. Ini juga membuat seseorang ketika dewasa takut ketinggian.
  5. Ikut takut ketinggian karena orang lain takut. Ini sama dengan melihat orang lain menangis lalu ikut menangis. Sesuatu yang tidak disadari sangat membekas dan terbawa dalam kehidupan pribadi.

Demikian beberapa hal yang menjadikan kenapa ada orang yang takut ketinggian. Kalau kamu termasuk di antaranya, tidak perlu khawatir.! Datang saja ke ahli psikoterapi. Beberapa ahli menyebutkan bahwa cara mengatasinya tidak sulit asal kamu bertekad penuh.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *