Connect with us

Knowledge

Kamu Tahu? Kenapa Natal Identik dengan Merah dan Hijau?

Published

on

Pernahkah kamu memperhatikan pernak-pernik dan hiasan Natal? Di mall, pohon natal, kartu ucapan, dan lain-lain nuansanya adalah merah dan hijau. Tidak hanya di Indonesia. Hampir seluruh negara dunia kamu akan menemukan demikian. Kenapa natal identik dengan merah dan hijau? Kapan dimulainya?

natal identik dengan merah

4 Versi yang Menjawab Pertanyaan Kenapa Natal Identik dengan Merah dan Hijau

Jika kamu cari di literatur dan searching di Google ada beberapa versi yang menjawab pertanyaan seputar Natal yang identik dengan warna merah. Yang pasti, asalnya suasana Natal tidak demikian. Natal penuh warna; merah, kuning, hijau, ungu, pink, dan lain-lain.

Lalu kenapa dan bagaimana suasana Natal berubah menjadi warna merah dan hijau? Di bawah ini beberapa versi yang menjawab pertanyaan tersebut.

  1. Kebiasaan Masyarakat Celtic Kuno

Menurut versi pertama, Natal berwarna merah dan hijau adalah kebiasaan masyarakat Celtic Kuno yang dibawa ke seluruh dunia.

Di sana pada saat musim dingin yang selalu bertepatan dengan Natal, hanya ada satu tanaman yang dapat tumbuh. Tanaman tersebut warnanya hijau dikelilingi daun cukup lebat berwarna hijau. Buahnya berwarna merah.

Oleh karena itu, massyarakat di sana beranggapan bahwa warna merah dan hijau bermakna keberuntungan. Agar hal keberuntungan selalu melekat, dijadikanlah perhiasan natal berwarna merah dan hijau.

  • Warna Merah dan Hijau sebagai Pembatas Gereja

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas of Cambridge, warna merah dan hijau pertama kali digunakan gereja-gereja pada abad 14 sebagai pembatas altar. Kebiasaan tersebut dibawa oleh jemaah ke bagian-bagian lain di luar gereja.

  • Pohon Berry Holly

Tekstut dalam bukunya berjudul The Secret Language of Color menyebutkan bahwa warna merah dan hijau berasal dari filosofi pohon berry holly. Pohon dengan buah warna merah, satu-satunya yang dapat hidup di musim dingin.

Pohon yang diyakini memberikan keberuntungan. Sama dengan kepercayaan masyarakat Celtic Kuno.

  • Iklan Minuman Coca Cola

Versi yang paling terkenal menjadi penyebab warna merah dan hijau dominasi suasana Natal adalah iklan minuman Coca Cola.

Pada tahun 1931. Hadlon Sunblom seorang desain iklan diperintahkan membuat iklan untuk minuman Coca Cola. Saat itu musim Natal, maka Sunblom mengiklankan seorang Santa Claus dengan baju merah dengan latar belakang nuansa merah, hijau, dan salju.

Iklan itu terkenal ke seluruh dunia sehingga sejak itu Santa Claus dan Natal identik dengan merah.

Wah, tidak disangka ya jawaban kenapa Natal identik dengan merah ternyata begitu! Awalnya Natal tidak selalu merah dan hijau. Bertambah lagi pengetahuan. Semoga bermanfaat!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *