Connect with us

Fresh!

iOS 13 Resmi Dirilis, iPhone yang Dapat Update & Ini Fiturnya

Published

on

Apple meluncurkan pembaruan, iOS 13 resmi dirilis pada 19 September 2019 waktu Amerika Serikat (AS). Pengguna pengguna iPhone 6s ke atas sudah mendapatkan pembaruan ke software terserbut.

Dilansir Phone Arena, Jumat (20/9/2019), pengguna iDevice bisa mendapatkan pembaruan ini dengan mengakses Settings, lalu pilih General, dan Software updates. Pengguna kemungkinan besar akan melihat iOS 13 sudah siap diundah dan dipasang.

Berikut fitur-fitur canggih yang ditawarkan iOS 13 seperti dikutip dari CNNInternational, kamis (19/9/2019).

Mode gelap
Fitur yang paling dinanti pada iOS 13 adalah dark mode. Apple akan memberikan opsi latar belakang (background) gelap yang akan membuat mata tak mudah capek ketika menatap layar dan daya baterai lebih lama.

Selain melindungi mata pada malam hari atau saat tidak ada cahaya, Dark Mode juga bisa menghemat daya tahan baterai pada ponsel dengan klayar AMOLED.

Swipe to type
Ini adalah fitur mengetik tanpa menyetuk abjad yang ada di iPhone. Jadi pengguna cuma cukup menggeser ke huruf-huruf dan angka di Quickpath keyboard untuk merangkai kata.

Fitur privasi baru
Apple menghadirkan fitur privasi baru yang memungkinkan pengguna mengakses aplikasi pihak ketiga menggunakan Apple ID namanya fitur ‘Sign in with Apple‘. Apple akan. membatasi data pribadi yang diberikan kepada pihak ketiga.

Maps
Apple Maps memiliki beberapa pembaruan. Salah satunya, fitur peta digitalnya dalam versi 3D. Selain itu pengguna juga bisa menandai lokasi favorit dan koleksi tempat-tempat yang kerap dikunjungi.

Siri
Siri dijanjikan bakal bisa membacakan pesan masuk untuk kamu atau mendengarkannya melalui AirPods.

Apple Arcade
Layanan gim berlangganan Apple Arcade akan diluncurkan lewat iOS 13. Dengan biaya US$4,99 pengguna bisa memainkan lebih dari 100 game.

Fitur Edit Foto Baru
Alat pengeditan Photo baru hadir di iOS 13, dan memungkinkan pengguna menyesuaikan foto dan video mereka untuk white balance, penajaman, dan noise reduction. Selain itu, pencahayaan dalam mode Portrait kini dapat disesuaikan.

Apple Maps kini juga lebih akurat, dan menampilkan lebih banyak detail pada iOS 13. Memoji pun juga akan lebih banyak. Akses aplikasi di iOS 13 juga lebih cepat daripada sebelumnya.

Pembaruan pertama dari OS tersebut, iOS 13.1, dijadwalkan ios 13 resmi dirilis pada 24 September 2019. Jadwal tersebut enam hari lebih cepat daripada awalnya yang diprediksi pada 30 September 2019.

Apple akan mengirimkan pembaruan iOS lewat metode OTA (over-the-air). Berikut cara updatenya:

Buka Settings
Pilih General
Masuk ke Software Update
Tekan tombol Download and Install.