Connect with us

Knowledge

Hak dan Kewajiban Pejalan Kaki

Published

on

Berjalan kaki merupakan kegiatan yang menyehatkan. Bukan hanya itu, berjalan kaki juga bisa membantu mengurangi polusi kendaraan. Buat kamu yang menggunakan kendaraan umum, seringkali berjalan kaki untuk berpindah tempat.

Pasti kamu sering kesal saat berjalan di trotoar yang memang ditujukan untuk pejalan kaki tapi dihalangi oleh pedangan kaki lima. Nggak jarang juga, motor ikut naik ke trotoar katanya menghindari macet. Lucu ya, padahal ketidakpatuhan pengendara motor atas lalu lintas salah satu penyumbang penyebab kemacetan.

Hak dan kewajiban pejalan kaki
Sumber: pixabay.com

Pun demikian dengan pejalan kaki yang sembarangan menyebrang jalan. Tidak menyebrang di zebra cross atau di jembatan penyembrangan yang sudah disediakan.

Untuk tetap berjalan kaki dengan aman dan nyaman. Ini lho hak-hak serta kewajiban pejalan kaki yang perlu kalian ketahui.

Hak Pejalan kaki

Hak pejalan kaki sudah diatur dalam Undang-undang no. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, khususnya pada pasal 31.

  • Pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung berupa trotoar, tempat penyeberangan dan fasilitas lain.
  • Pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang jalan di tempat penyeberangan.
  • Dalam hal belum tersedia fasilitas sebagaimana dimaksud diatas pejalan kaki berhak menyeberang di tempat yang dipilih dengan memperhatikan dirinya.

Kewajiban Pejalan Kaki

Dalam undang-undang yang sama pada pasar 132 diatur juga mengenai kewajiban pejalan kaki

  • Pejalan Kaki wajib :
    • Menggunakan bagian jalan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki atau jalan yang paling tepi: atau
    • Menyeberang di tempat yang telah di tentukan.
  • Pejalan kaki wajib memperhatikan keselamatan dan kelancaran lalu lintas.
  • Pejalan kaki penyandang cacat harus mengenakan tanda khusus yang jelas dan mudah dikenali  pengguna jalan lain.

Pembuatan Undang-undang untuk hak dan kewajiban pejalan kaki bertujuan untuk menjamin keselamatan berlalu lintas. Meski demikian, praktiknya masih banyak yang melanggar.

Pengawasan serta ketegasan pihak berwenang sangat diperlukan untuk menjamin kelancaran implementasi aturan yang dibuat. Kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas yang tidak kalah penting dalam kelancaran dan keselamatan para pengguna jalan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *