Connect with us

Knowledge

Fakta di Balik Biskuit Khong Guan

Published

on

Kalau bicara soal biskuit, pasti merk Khong Guan bukan nama yang asing buat sebagian besar telinga kita. Apalagi banyaknya meme yang beredar mengenai sosok ayah yang menyerupai bang Toyib, hingga banyaknya spekulasi mengenai keluarga yang tidak utuh. Namun, nyatanya design kaleng Khong Guan memiliki arti sendiri.

Fakta khong guan
boombastis.com

Fakta-fakta di Balik Khong Guan

Guyonan yang sering terlontar dengan kaleng Khong Guan adalah saat dibuka isinya bukan biskuit, tapi rengginang. Ada lagi manfaat lain penggunaan ulang kaleng Khong Guan yakni untuk menyimpan peralatan menjahit. Lucu-lucu, ya. Ada fakta-fakta lain lagi yang perlu ketahui mengenai Khong Guan. Simak, yuk!

Penciptanya Merupakan Kakak Beradik

Khong Guan ini sebenarnya berasal dari Singapura, meski demikian brand ini diciptakan oleh sepasang kakak adik asal Tiongkok, yakni Chew Choo Keng dan Chew Choo Han. Mereka berdua adalah sosok kesuksesan merk biskuit tersebut.

Ide Gambar Berasal Dari Perusahaan

Biasanya konsep desain grafis berasal dari ide desainernya. Uniknya, potret sosok anak perempuan dan laki, serta seorang ibu adalah ide desain dari perusahaan sendiri. Sehingga, Bernadus Prasodjo selaku desainer hanya memperbaiki warna seperlunya saja.

Pertama Kali di Indonesia Tahun 1971

Kemunculan Khong Guan Biscuit Factory Indonesia pertama kali di tahun 1971. Perusahaan tersebut bukan cuma menghasilkan biskuit, tapi juga wafer serta waferistik.

Sudah Berdiri Sejak 1947

Meski masuk di Indonesia tahun 1971, Khong Guan sudah ada tahun 1947 di wilayah Singapura. Berarti usianya sudah 48 tahun terhitung saat artikel ini ditulis. Sudah hampir setengah abad, ya?

Tersebar di 40 Negara

Saat kamu meninggalkan Indonesia dalam waktu lama untuk travelling ke negara lain, kamu tetap bisa menikmati biskuit Khong Guan ini. Biskuit ini sudah tersebar di hampir 40 negara. Di antaranya adalah negara-negara Timur Tengah, Amerika Serikat hingga Eropa.

Umumnya kamu bisa menemukannya di supermaket yang tersedia negara-negara tersebut.

Potret Keluarga Harmonis

fakta khong guan
boombastis.com

Kalau kamu perhatian kaleng Khong Guan, terdapat seorang ibu yang sedang menikmati hidangan di meja bersama kedua anak perempuan dan lelakinya. Si ibu juga terlihat sedang menuangkan teh ke gelas.

Gambar kalian lihat hingga saat ini tidak mengalami perubahan sejak 1971. Seperti kita ketahui, bahwa ilmu grafis selalu berkembang seiring kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Ternyata bukan tanpa sebab mengapa desain tersebut tidak mengalami perubahan. Potret tersebut menunjukan keluarga yang harmonis. Lalu, kemana sang ayah? Disebut-sebut bahwa sang ayah sedang mengambil potret keluarga tercinta.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *