Connect with us

Knowledge

Dari Mana Asal Mula Santa? Ini Jawabannya

Published

on

Percayakah kamu adanya Santa Claus? Dari mana asal mula Santa? Pertanyaan ini cukup sering diberikan, bahkan oleh Umat Kristiani sendiri.

Beberapa orang menganggap bahwa Santa tidak ada. Tidak pernah ada Santa yang berkeliling membagiakan hadiah bagi anak-anak di seluruh dunia. Yang memberi hadiah adalah orang tua mereka sendiri? Benarkah demikian?

asal mula Santa

Ternyata Asal Mula Santa dari Sini!

Santa Claus memang fenomenal. Seorang kakek tua dengan jenggot panjang yang berkeliling dunia menggunakan kereta yang ditarik rua dari Kutub Utara. Perawakannya khas, agak gemuk, buncit perutnya dengan baju berwarna merah, lebkap dengan topi salju. Ketika turun, Santa membawa karung besar berisi mainan untuk dibagikan.

Ini asal mula penggambaran Santa Claus seperti di atas!

  1. Santa Claus Adalah Wujud Uskup Nikholas

Pada sekitar tahun 270 Masehi, hiduplah seorang Uskup yang bernama Nikholas di Myra. Beliau setiap hari selalu mendatangi fakir miskin yang berada di wilayahnya dan memberi hadiah.

Kebiasaan tersebut terus berlangsung hingga Uskup Nikholas dikabarkan wafat.

Beberapa orang mempercayai bahwa pada saat tertentu, seperti Natal, arwah Uskup Nikholas masih datang dan membagikan hadiah.

Sejak saat itu, beberapa penganut Kristen meyakini adanya Santa Claus sebagai jelmaan Uskup Nikholas. Namun, Uskup tersebut tidak digambarkan mempunyai tubuh gemuk dengan janggut panjang. Uskup Nikholas bertubuh kurus.

  • Sinterklas

Sampai beberapa abad, kisah Santa Claus dan Uskup Nikholas sempat tidak terdengar lagi.

Namun, masyarakat Kristen Belanda pada abad kelima meyakini keberadaan Sinterklas. Seseorang atau nama lain dari Santa.

  • Gambaran Santa Claus

Dari Belanda, keberadaan Santa Claus semakin diyakini umatnya. Meraka percaya bahwa Santa yang merupakan jelmaan Uskup Nikholas benar-benar berkeliling membagikan hadiah di malam Natal.

Cleement Moore melukiskan Santa Clause sebagai seorang pria dengan tubuh gemuk berlemak dan menghisap rokok dengan pipanya. Ini dibuat tahun 1822.

Clement juga menambahkan detail dalam gambarnya, seperti Santa yang menggiring seekor rusa, membawa mainan, dan mempunyai perut besar.

  • Santa Claus Kini

Santa Claus seperti yang kamu ketahui sekarang, adalah gambaran dari Clement.

Pada abad 19 akhir, Kartunis populer, Thomas Nest menambahkan gambar Santa menaiki kereta rusa menuju Kutub Utara.

Santa Claus seperti yang digambarkan oleh Cklement dan Thomas Nest yang dipercayai sampai saat ini.

Demikianlah 4 hal tentang asal mula Santa? Percaya atau tidak, kembali kepada kamu. Mungkin saja bukan gambaran dua orang tentang Santa di atas karena mereka benar-benar melihatnya?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *