Connect with us

Knowledge

Bulu Tangkis Ternyata Bagus Buat Kecerdasan Otak

Published

on

Olahraga pada umumnya memang baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Terkait hal yang sama, berdasarkan penelitian olahraga bulu tangkis bagus untuk kecerdasan otak.

Tim peneliti Jepang yang diketuai oleh Shinji Takahashi dari Tohoku Gakuin University juga menjelaskan untuk bermain badminton diperlukan kemampuan pengambilan keputusan serta koordinasi pemainnya. Otak diharuskan berpikir cepat untuk memprediksi arah kok dan postur tubuh yang sesuai untuk bisa mengenai kok.

bulu tangkis untuk otak

Dalam laporan sebuah jurnal PLOS One nampak adanya tes kognitif dari sekitar 20 responden orang dewasa yang mengalami peningkatan setelah mereka mencoba bermain bulu tangkis selama 10 menit. Tes juga melibatkan para responden untuk mencocokan kata-kata yang sesuai dengan gambar.

Selama percobaan, para responden juga diminta untuk berlari di treadmill. Dikutip dari Daily Mail, peneliti menjelaskna bahwa tuntutan kognitif dalam olahraga badminton dapat mengaktifkan daerah otak yang berkaitan dengan fungsi eksekutif.

Peneliti menyebut masih perlu adanya studi untuk mempelajari lebih lanjut efek yang dihasilkan pada orang yang latihan badminton jangka panjang.

Gerakan Konstan Berefek Aerobik

Bermain badminton memerlukan konsentrasi yang tinggi. Selain itu, dibutuhkan juga ketepatan yang sangat tinggi serta koordinasi mata dan tangan sehingga sangat bagus untuk menjaga kebugaran otak.

Gerakan yang konstan dan berlangsung sangat cepat juga memberikan efek aerobik. Seperti yang sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian, jenis olahraga yang bersifat aerobik umumnya sangat berhubungan dengan pemeliharaan fungsi kognitif atau kecerdasan.

Melansir dari Foxnews, seorang ahli saraf dari Mayo Clinic di Rochester, Dr Rodolfo Savica menejelaskan bahwa aktivitas aerobik selama 30 menit/hari, sebanyak 5 kali/minggu mampu mengurangi risiko penurunan fungsi kognitif.

Efek pemeliharaan fungsi kognitif juga dietemukan karena memaksa jantung untuk bekerja lebih cepat. Sebuah penelitian di Mayo Clinikc juga mengungkapkan bahwa risiko demensia atau pikun bisa berkurang dengan memelihara ritme jantung.

Jika ingin merasakan manfaat bulu tangkis bagus untuk otak, jelas tidak cukup hanya dengan menonton aksi Taufik Hidayat dan kawan-kawan dalam menggebuk kok ke sana ke mari. Segera amnnil raket badminton lalu mainkan bersama kerabat atau kawan. Salam sehat!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *