Connect with us

Knowledge

Banyak Digemari, Ketahuilah Kandungan Nutrisi yang Ada Pada Gula Aren

Published

on

Banyak jenis minuman kini dengan campuran gula aren sedang diminati banyak orang, misalnya kopi dengan gula aren atau boba dengan campuran gula aren. Selain rasa manis, kandungan nutrisi gula aren juga dianggap lebih baik dari gula putih biasanya.

Diansir dari doktersehat.com, Gula aren adalah gula yang dihasilkan melalui proses penyadapan air nira dari pohon aren (Arenga pinnata Merr). Air nira yang disadap biasanya menggunakan bunga jantan dari pohon aren atau enau.

Proses pembuatan gula aren lebih banyak menggunakan bunga jantan karena nira dari bunga jantan menghasilkan air nira yang lebih banyak daripada yang dihasilkan oleh bunga bentina. Selain itu, kualitas air nira dari bunga jantan lebih memuaskan.

Kandungan gula aren tidak hanya mengandung mineral dan senyawa nutrisi lainnya, tetapi juga terdapat serat yang dikenal sebagai inulin.

Anda juga perlu tahu bahwa adanya beberapa manfaat gula aren (gula merah) tidaklah terlepas dari beberapa kandungan zat gizi pada gula aren.

kandungan nutrisi gula aren

Shutterstock

Beberapa kandungan zat yang ada di dalam gula aren, yaitu karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3 (niasin) dan vitamin C.

Di samping itu, gula aren juga mengandung serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan sehingga bisa terhindar dari masalah medis pada sistem pencernaan. Gula aren juga mengandung fruktosa dan sukrosa yang cukup tinggi sehingga memberikan citarasa manis alami dan sehat.

Apakah nutrisi gula aren lebih unggul?

Dari Segi nutrisi, ternyata gula aren lebih unggul daripada gula biasanya karena masih memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh dibanding gula biasa yang hanya memberikan kalori tetapi tidak mengandung nutrisi

Serat inulin yang diyakini menjaga kesehatan pencernaan hanya ditemukan dalam kandungan gula aren dan tidak gula pada biasanya.

Serat inulin dalam gula aren juga mungkin turut berperan dalam memperlambat penyerapan glukosa oleh tubuh.

Gula aren untuk diabetes?

Konsumsi makanan dengan kadar indeks glikemik yang rendah, seperti gula aren, tidak akan meningkatkan kadar gula darah sebesar makanan dengan kadar indeks glikemik yang lebih tinggi.

Hal ini karena, makanan yang mengandung kadar indeks glikemik yang rendah memiliki kandungan gula yang lebih sedikit

Meski begitu, hal-hal tersebut tidak membenarkan keyakinan ‘gula aren untuk diabetes’, karena gula aren memiliki kandungan karbohidrat, kalori, dan fruktosa yang cukup tinggi.

elain itu, penyerapan gula dalam tubuh setiap orang berbeda-beda dan ditentukan oleh berbagai faktor, seperti kondisi fisik, dan sebagainya. Jadi, gula aren belum tentu bisa dijadikan alternatif pemanis untuk penderita diabetes.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *