Connect with us

Knowledge

Bagaimana Kucing Bisa Pulang Setelah Dibuang Jauh?

Published

on

Sebenarnya saya paling nggak tega membahas binatang yang dibuang sama majikannya. Padahal, memelihara binatang apa pun merupakan sebuah tanggung jawab dan komitmen bukan karena ingin lucu-lucuan saja. Tapi, bukan itu maksud saya. Di artikel ini kita akan membahas bagaimana bisa kucing bisa pulang ke rumah setelah dibuang jauh?

kucing bisa pulang
Sumber: pixabay.com

Selain kucing merupakan hewan peliharaaan yang menggemaskan, kucing juga salah satu jenis hewan yang sulit dibuang. Maksudnya, meski kita sudah berusaha membuang jauh dengan memasukkannya ke dalam kardus, ia akan tetap tahu jalan ke mana ia pulang. Ini bukan hal gaib kok dan bisa dijelaskan dengan logika.

Melansir salah satu pengalaman dari keluarga Hicks yang tinggal di Australia dans empat dibahas oleh merdeka.com. Di tahun 1978, kucing persianya yang bernama Howie secara tidak sengaja tertinggal saat keluarga Hicks berlibur.

Selama 12 bulan, keluarga Hicks tidak mencarinya. Namun tidak disangka, ternyata Howie muncul dengan sendirinya dan diperkirakan berjalan sejauh 1.609 km. Howie juga berhasil melewati daratan gersang Australia yang terkenal bahaya. Unik ya kisahnya?

Ternyata eh ternyata kucing memiliki kekuatan super. Berdasarkan penelitian dari Matthjis bvan der Meer dari Universitas of Waterloo. kucing memiliki kemampuan seperti landmark, navigasi takson, memory serta mental map. Kucing mampu mengingat jalan yang pernah dilewatinya. Selain itu kucing juga tahu lho di mana letak laut berada. Wow, hebat ya?

Selain memiliki ingatan yang tajam, kucing juga merupakan ahli navigasi. Kucing bisa merasakan arah lokasi yang ingin ia tuju. Supaya tidak tersasar, kucing memanfaatkan indera mereka, seperti penglihatan serta penciumannya yang tajam. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau kucing pernah salah jalan.

Meski demikian, pengalamannya tersasar justru menambah peta imajinatif yang ada di dalam otak mereka. Ibarat ojol driver, ia akan tahu lebih banyak jalan tikus menuju lokasi yang dituju.

Walau kita tahu bahwa kucing memiliki kekuatan super untuk bisa pulang ke rumah. Jangan sampai dijadikan percobaan untuk membuang kucing kesayangan ya? Karena bisa saja terjadi yang tidak diinginkan selama perjalanan pulang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *