Connect with us

Community

Arcanum Hobbies Rumah Pecinta Board Games

Published

on

Di sebuah garasi pada tahun 2005, Boardgame Family sebuah komunitas terbentuk. Arcanum Hobbies adalah rumah buat semua pecinta Boardgames

“Kami juga prihatin karena bermain gawai membuat kurangnya interaksi terhadap orang-orang sekitar. Sementara melalui board games, interaksi terbentuk dan menciptakan suasana hangat”, Audi Tri Harsono Founder Arcanum Hobbies

Sekitar tahun 2009, hobi bermain ini pelan-pelan diiringi dengan bisnis. Berusaha mengenalkan di Indonesia, aneka permainan board games mulai ditawarkan di dunia maya.

Arcanum merupakan “hidden knowledge”. Sebuah metafora untuk board games di mana setiap membuka kotak mainan baru maka akan ditemukan hal-hal baru.

Audi Menjelaskan tujuan dibuatnya tempat bermain ini, agar tempat ini bisa menjadi rumah buat pecinta boardgame.

“Arcanum hobbies juga memungkinkan produsen dan distributor bergabung. Arcanum bisa juga untuk rumah pecinta boardgames,” ujarnya saat di temui di Main District, Kuningan City, Jakarta.

Bertemu lebih banyak orang yang berlatar belakang usia, pekerjaan, dan pendidikan membuat “ilmu tersembunyi” board games kian terbuka

Moto #PlayUnplugged, board games dimainkan tanpa listrik maupun gawai. Board games pun mampu membangun jembatan dan mengatasi perbedaan generasi. Permainan ini bisa menjadi solusi bagi orangtua dan juga persahabatan agar hubungan menjadi lebih intim.

Arcanum Academy yang biasa disingkat AA ini merupakan program pelatihan perancangan board game yang terbuka untuk umum, baik pemula yang belum pernah membuat game maupun desainer berpengalaman yang ingin menambah teori dan pengetahuan terkait desain board game.

Program Arcanum Academy sudah berjalan dua tahun setelah pertama kali sukses dilakukan pada tahun 2018. Program serupa pada tahun 2019 yang dilaksanakan pada Agustus kemarin di Gedung Menara Kompas.

Arcanum Prototype Day

Arcanum Hobbies akan menghadirkan Prototype Day di mana para kreator akan dipertemukan dengan para playtester untuk menguji rancangan board game yang mereka buat, Sabtu (7/9).

Arcanum Hobbies

prototyping day, yaitu hari khusus untuk bermain dan mencoba game yang sudah didesain ini bersama dengan publik.

Penting bagi kreator untuk bisa mengujicobakan rancangannya agar bisa terus dikembangkan dengan lebih baik lagi.

Board game jenis apa sih yang paling sering dimainkan di Indonesia?

Azul

Game Board

Azul adalah Game Board abstrak yang dirancang oleh Michael Kiesling dan dirilis oleh Plan B Games pada 2017.
Berdasarkan bahasa Portugis Azul berasal dari lata Azulejos, pemain mengumpulkan set ubin berwarna sama yang mereka tempatkan di papa pemain mereka.

Salah satu ubin dipindahkan ke pola persegi di sisi kanan papan pemain, dimana ia mengumpulkan poin tergantung dimana ia ditempatkan.

Brass: Birmingham

Brass: Birmingham adalah sekuel permainan strategi ekonomi karya Martin Wallace pada 2007. Brass Birmingham menceritakan kisah pengusaha yang bersaing di Birmingham selama revolusi industri.

Seperti pada pendahulunya, kamu harus mengembangkan, bangunan dan membangun industri jaringan kamu dalam upaya untuk mengeksploitasi permintaan pasar yang rendah atau tinggi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *