Connect with us

Knowledge

Apa Manfaat Mengonsumsi Pisang Setiap Hari?

Published

on

Pisang, buah berwarna kuning yang seringkali dijadikan guyonan orang yang memakannya seperti monyet. Pisang juga bukan buah yang sulit ditemui. Berbagai macam camilan terbuat dari pisang, dari piscok (pisang cokelat), pisang nugget, kolak pisang, atau bahkan bisa kamu kreasikan sesuai selera.

manfaat mengonsumsi pisang

Buat penggemar pisang, ada kabar baik menyoal manfaat pisang bagi kesehatan tubuh, pencernaan serta menurunkan berat badan; bisa jadi santapan saat kamu dalam program diet.

Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang

Coba kita telusuri pendapat ahli gizi asal San Diego, AS, Laura Flores mengenai manfaat dari mengonsumsi pisang setiap harinya. Tubuh sangat membutuhkan serat untuk mempelancar proses pencernaan, dan serat ini bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi pisang. Bukan cuma itu, ada zat lain yang ada di dalamnya di antaranya magnesium, vitamin C dan Vitamin B.

“Pisang biasa juga digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi terhadap diabetes tipe-2, membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem saraf, dan membantu produksi sel darah putih. Hal ini karena tingginya tingkat vitamin B6 yang terkandung di dalam pisang,” kata Flores seperti dikutip dari Livescience.com.

Selain banyak mengandung gizi yang diperlukan tubuh. Pisang juga memiliki manfaat lain, seperti:

Jantung lebih sehat

Jantung sebagai organ utama tubuh kita untuk berfungsi dengan baik. Dengan mengonsumsi pisang, jantung kita akan menjadi lebih sehat karena mengandung potasium, yakni elektrolit mineral yang diperlukan untuk menjaga detak jantung.

Meminimalisir stres dan depresi

Sebagai warga kota. Tuntutan pekerjaan serta kemacetan jalanan bisa memicu terjadinya stress. Tenang saja, dengan rajin mengonsumsi pisang masalah tersebut dapat diatasi. Sebab pisang bisa meningkatkan suasana hati dengan mengubah kadar trytophan menjadi serotonin; hormon yang membawa rasa bahagia.

Anjuran Konsumsi per Hari

Meski berderet manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi pisang. Kira-kira berapa banyak sih pisang yang harus kita konsumsi setiap harinya?

Sesuai dengan Pusat Data Pangan Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu buah pisang dengan berat 118 gram berkalori 105, 27 gr karbohidrat, 3 gr serat, 0,3 gr lemak, serta 1 gr protein. Kemudian, pisang juga mengandung vitamin C sebanyak 17%, 12% vitam B6, dan 12% kalium.

Kandungan protein di dalam pisang tidak bisa mencukupo asupan nutrisi penting yang dianjurkan setiap harinya. Protein adalah nutrisi paling penting untuk pembentukan otot, kepadatan tulang, kekebalan tubuh serta perbaikan jaringan, berdasarkan apa yang diterbitkan oleh U.S. National Library of Medicine.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *