Connect with us

Knowledge

Apa Itu Kaporit? Kamu yang Sering Berenang Wajib Tahu

Published

on

Apa itu kaporit? Kalsoim hipoklorit atau yang biasa kita sebut kaporit biasanya kita temukan di kolam renang. Namun disisi lain, kamu perlu tahu bahwa kandungan kaporit nggak cuma untuk kolam renang saja tapi banyak fungsinya.

Apa itu kaporit?

Kaporit atau Kalsium hipoklorit adalah senyawa kimia yang memiliki rumus kimia Ca(ClO)2. Kaporit biasanya digunakan sebagai zat disinfektan air. Senyawa ini relatif stabil dan memiliki klorin bebas yang lebih banyak daripada natrium hipoklorit (cairan pemutih).

Fungsi Dan Penggunaan Kalsium Hipoklorit

Kalsium hipoklorit, yang biasa dikenal sebagai esensi pemutih, sering digunakan dalam proses pemutihan dalam produksi kimia, yang memegang peranan penting dalam produksi industri karena onset dan efek pemutihannya yang cepat.

– Pemutih Pulp dalam industri pembuatan kertas dan pemutihan serat kapas

– Rami dan sutra di industri tekstil

– Air minum perkotaan dan pedesaan

– Industri kimia digunakan untuk pemurnian asetilena dan pembuatan koroform

– Disinfeksi air kolam renang

Dalam kolam renang, kaporit ini salah satu jenis disinfektan yang biasa digunakan untuk air di dalam air kolam renang. Bentuknya berupa bubuk putih yang dapat larut di dalam air dan menghasilkan oksigen serta gas klorin yang berbau menyengat.

Kaporit berbahaya terhadap kesehatan. apa saja?

Banyak cara kaporit masuk ke dalam tubuh, bisa melalui bentuk gas klorin yang masuk melalui pernafasan, kulit atau mata yang terkena langsung air berkaporit, serta saat kamu tidak sengaja menelan air kolam renang yang sudah bercampur dengan unsur kaporit.

Hindari mandi air hangat setelah berenang

Dilansir dari Halodoc, mandi air hangat setelah berenang bisa menyebabkan kaporit mengeluarkan gas klorin lebih banyak. Selain itu, air hangat juga menyebabkan pori-pori kulit terbuka lebar yang dapat memudahkan kaporit untuk masuk melalui pori-poti dan merusak kuliat.

Oleh karena itu, hindari mandi dengan air hangat setelah berenang.

Berikut bahayanya bila kaporit masuk ke dalam tubuh:

1. Iritasi mata
Mata merasa perih setelah berenang? mungkin itu disebabkan oleh kaporit. Gas klorin yang dihasilkan kaporit akan menghasilkan senyawa sejenis nitrogen, nah senyawa nitrogen ini lah yang bisa memicu iritasi pada mata.

2. Infeksi pada kulit
Terpapar gas klorin dalam kadar tinggi bisa menimbulkan ruam merah dan infeksi kulit. Selain itu,klorin yang bereaksi dengan materi organik seperti urin atau keringat bisa menjadi toksik yang merusak kulit. Dampak yang satu ini lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa.

3. Bahaya untuk kulit kepala dan rambut
Kaporit bisa mengakibatkan iritasi kulit kepala. Jika kamu mengalami masalah ketombe, keadaan kulit kepala bisa makin parah. Selain itu, rambut kamu juga bisa mengalami kerontokan. Jika rambut kamu sering diwarnai, keriting, atau rebonding, rambut yang terkena kaporit juga akan mudah patah, kering, susah diatur, kusam, dan kasar.

Untuk mencegah ruam klorin, beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yaitu:

– Mandi sebelum berenang untuk membilas keringat dan minyak di kulit yang bisa bereaksi negatif terhadap klorin.

apa itu kaporit

Membilas tubuh dengan air bersih sebelum berenang bisa menghilangkan kelebihan keringat yang dapat bereaksi dengan kaporit, sehingga mengurangi pembentukan Chloramine pada kulit.

– Gunakan losion pada kulit sebelum berenang untuk menghalangi paparan langsung klorin ke kulit.

apa itu kaporit

mengolesi tubuh dengan body butter yang mengandung minyak kelapa. Karena, minyak kelapa juga bersifat asam. Untuk rambut, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa.

– Setelah membilas tubuh, gunakan losion lembut tanpa bahan pewangi untuk membantu melembapkan kulit.

– Netralkan dengan vitamin C

apa itu kaporit

Vitamin C bisa menetralkan kaporit dan Chloramine. Sekarang, sudah banyak dijual vitamin C untuk kencantikan dalam bentuk spray. Setelah selesai berenang, kamu bisa menyemprotkan vitamin C tersebut ke kulit dan rambut. Gosok perlahan dan bilas dengan air bersih yang tidak terkontaminasi kaporit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *