Connect with us

Knowledge

Alasan Kenapa Kucing Amat Menggemaskan

Published

on

Siapa saja termasuk kamu pasti gemas saat bertemu dengan kucing di jalanan. Ukuran tubuhnya yang relatif mungil, “dibungkus” dengan bulu-bulu lebat dan halus menjadi daya tarik tersendiri. Reaksi ini sangat wajar karena kita adalah makhluk hidup yang memiliki kasih sayang. Tapi, pernah nggak terpikirkan mengapa bisa demikian?

kucing menggemaskan
Sumber: pixabay.com

Cari tahu, yuk. Kalau mengutip dari Nine, kira-kira ada alasan ilmiahnya, lho. Sekitar tahun 1940, seorang ahli Zoologi dari Austria dengan Konrad Lorez sebagai ahli etologi bersama-sama mengindentifikasi fitur mana saja yang masuk dalam kategori imut. Fitur-fitur tersebut di antaranya pipi tembem, mata besar, hidung dan mulut kecil.

Karakteristik itu disebut sebagai kindschenschema atau kinderschema. Bentuk kelucuan fisik tersebut kemudian diterjemahkan sebagai bayi yang menggemaskan. Sehingga, otak secara tidak langsung memaksa kita untuk merawat bayi.

Hal ini bukan cuma terjadi pada bayi manusia. Otak juga bakalan bisa mengenali kinderschema pada bayi binatang, bahkan benda mati sekalipun yang memiliki karakteristik demikian.

Bayi-bayi hewan seperti anak kucing anjing selalu dikaitkan sebagai binatang imut menggemaskan dengan cat eye dan puppy eye-nya yang bisa menyihir kita.

Selain memiliki mata yang menggemaskan, kucing juga punya kelincahan bermain seolah-olah memiliki banyak tenaga. Hal ini bisa membuat kita gemas dengan tingkah lakunya. Namun, ada beberapa kucing yang memang lebih suka menghabiskan waktunya untuk tidur. Kalau kita melihat kucing yang suka sekali memancat serta melompat itu artinya mereka sedang menunjukkan rasa ingin tahunya pada sesuatu. Kucing bisa saja lucu, nakal dan menggemaskan.

Bukan hanya anjing, kucing pun merupakan hewan peliharaan yang cukup setia pada majikannya. Berikan kucingmu kasih sayang, perhatian, makanan, minuman, rasa nyaman, dan rasa aman, maka mereka akan membalasnya dengan loyalitas dan kasih sayang juga. Kucing pun kadang-kadang suka menyelinap tidur di sebelahmu jika mereka tidak dikurung dalam kandang. Memelihara kucing jelas menjaga emosimu menjadi lebih menyenangkan.

Jadi, bagaimana mulai mempertimbangkan kucing sebagai binatang peliharaan di rumah?

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *