Connect with us

Knowledge

Memang Benar Air Dingin Bisa Bikin Gemuk?

Published

on

Dunia terkadang memang aneh. Orang yang gemuk, ingin sekali kurus dan sebaliknya. Orang yang kurus ingin sekali lebih berisi.  Masyarakat ada yang menyakini bahwa sering minum air membuat tubuh lebih cepat gemuk. Memang benar air dingin bisa gemuk? Mitos atau faktakah itu?

Memang Benar Air Dingin Bisa Bikin Gemuk?

air dingin bisa gemuk
Sumber: pixabay.com

Kamu yang gemuk mungkin sering mendengar larangan ini, “Jangan minum air es atau air dingin, nanti badanmu bertambah gemuk.”

Sebaliknya, kamu yang kurus sering mendapat saran begini., “Sering-seringlah minum air es atau air dingin agar badanmu lebih gemuk.”

Hal tersebut sering pula disarankan pada orang yang sedang hamil trimester 3. Jika bayi sudah besar, mereka dilarang minum air dingin. Berlaku sebaliknya jika bayi dianggap masih terlalu kecil?

Dari mana pernyataan tersebut berasal?

Masyarakat meyakini bahwa suhu yang dingin akan membekukan lemak, seperti halnya lemak dalam lemari es. Nah, ketika kamu minum air dingin, lemak dalam tubuh akan ikut membeku. Jika sering akan terus menerus membeku. Akibatnya, lemak akan terus bertumpuk dan tidak dibakar oleh tubuh. Kamu akan bertambah gemuk.

Menurut Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, air dingin tidak akan membekukan lapisan lemak. Justru air dingin yang diminum akan menghangatkan hingga sesuai dengan suhu tubuh normal.

Air putih dingin tidak akan membuat tubuh kamu menjadi lebih gemuk. Yang menggemukkan jika kamu minum air dingin atau jus dicampur susu dan gula. Lemak dapat menumpuk  karena adanya tambahan gula dan susu, atau zat lain yang ada dalam jus atau sirop.

Namun, minum air putih dingin juga tidak menyebabkan kamu menjadi lebih kurus. Meskipun air dingin akan memicu metabolisme tubuh agar menghasilkan suhu yang normal tetap saja kalori yang dibakar sangat kecil.

Hmm… Sudah tahu bukan jawaban pertanyaan memang benar minum air dingin bikin gemuk? Semuanya hanya mitos atau hoax menurut bahasa kekinian. Air putih dingin tidak berpengaruh pada tubuh kecuali kalau kamu sedang flu. Jadi, tetaplah minum air putih sesuai aturan agar badanmu sehat, baik dingin atau hangat, minimal 10 gelas per hari.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *