Connect with us

Review

5 Band Rock dengan Penjualan Merchandise yang Fantastis

Published

on

Memiliki merchandise asli atau official dari band atau artis favorit kita pasti menimbulkan rasa bangga yang tinggi. Kita mungkin membeli merch sebagai memento dari gigs yang baru saja kita tonton, atau sebagai cara menunjukkan selera musik kita.

Dengan menggunakan merchandise dari band favorit kita, entah itu t-shirt, jaket, sepatu, atau topi, kita tidak hanya menunjukkan kesetiaan kita kepada band tersebut kepada orang di sekitar kita, tapi kita juga menjadi semacam billboard berjalan bagi artis atau band yang merch nya sedang kita gunakan, memberikan free advertising bagi artis favorit kita.

Hampir tidak ada live show yang tidak memiliki merch booth di sekitar venue. Bisa dibilang kedua belah pihak, artis dan fans, penjual dan pembeli saling diuntungkan dengan adanya merchandise.

kami telah mendata beberapa band band tertinggi dari penjualan merch mereka. berikut adalah beberapa band rock dengan penghasilan merch yang fantastis.

5. The Rolling Stones

Udiscovermusic

Pada tahun 2002 mereka berhasil mendapat $135 juta (Rp. 1,9 triliun) dari penjualan mercheandise. Kemudian pada tahun 2018, forbes menempatkan mereka pada nomor 30 di daftar musisi berpenghasilan tertinggi dengan penghasilan $39 juta (Rp. 550 miliar)

Source : Forbes, Fortune

4. Led Zeppelin

Variety

Setelah bubar pada tahun 1980, mechandise mereka masih diburu oleh jutaan fansnya. Pada tahun 2007, Led Zepplein mengadakan reunian show di London. Berkat antusian para fans, band yang popular sejak dekade 70an ini berhasil menjual merch mencapai $1juta (Rp.14 Miliar) dalam satu hari saja.

Source : Society of Rock

3. AC/DC

Tone Deaf

Pada tahun 2015-2016 Forbes mengumumkan bahwa AC/DC adalah salah satu grup musik rock yang berada di posisi pertama sebagai band berpendapatan tertinggi, yaitu mencapat $67.5 juta (Rp. 960 Miliar). Itu berarti mereka mendapatkan sekitar Rp.2.5 miliar perharinya dari penjualan musik, tiket, dan juga merchandise.

2. Metallica 

Pada tahun 2018 “Worldwide Tour” milik Metallica berhasil mendapatkan rata-rata $2juta (Rp. 28 miliar) disetiap shownya, dan diperkirakan menghasilkan kurang lebih $3000 (Rp. 4,2 miliar) dari merchandise. Di tahun 2018 mereka menempati urutan ke-25 dalam jajaran musisi yang memiliki penghasilan terbesar, yaitu mencapat $46 juta (Rp. 654 miliar).

Source : The Hard Times, Forbes

1. Kiss 

band kiss

Ultimate Klasik Rock

Menurut Dell Fuano, presiden direktur dari Live Nation mechandising, mereka telah menjual lebih dari 10 juta peices t-tshirt KISS dalam 15 tahun terakhir. Manager KISS, Doc MCGhee menambahkan, mereka dapat menjual merchandise sekitar $600-$700 ribu (Rp. 8-10 miliar) jika tidak ada band lain yang tampil.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *