Connect with us

Review

5 Band Indonesia Ini Pernah Rekaman di Abbey Road Studio

Published

on

Band Indonesia yang rekaman di studio legend Abbey Roads (Maliq & D’Essentials)-02

Abbey Road Studio merupakan cikal bakal band-band ternama dunia dengan hasil rekaman yang memberikan pengaruh kepada perkembangan musik di Dunia. Banyak band dari Luar Inggris pun sempat mencicipi untuk rekaman di Abbey Road Studio. Band Indonesia pun juga tak ingin ketinggalan untuk mencoba studio legend tersebut. Misalnya ada band Gigi, J – Rock, Riff, Indische Party .

Ditambahkan lagi band-band seperti The Beatles, Rolling Stone, Duran duran, Pink Floyd, juga menggarap albumnya di studio ini.

Abbey Road Studio, saat mendengar namanya saja, kita tahu bahwa studio rekaman ini sangat legendaris. Gimana nggak, namanya saja sama seperti album The Beatles, Abbey Road. Tentu saja, itu menambah kesan “wow” dari studio yang terletak di St John’s Wood, Westminster, Inggris.

Abbey Road Studio yang terletak di sebuah jalan yang juga bernama Abbey Road, di St John’s Wood, City of Westminster di Inggris ini merupakan sebuah tempat yang terkenal sebagai studio rekaman legendaris yang pernah dipakai oleh musisi-musisi beken seperti The Beatles, Cliff Richard, dan juga Pink Floyd. Band The Beatles merilis album Abbey Road pada tahun 1969 dengan cover yang sangat legendaris yag banyak diikuti oleh banyak band dan orang di kemudian hari.

Kalau ngomongin siapa aja yang pernah rekaman di sana, tentu saja banyak, namun, kalau grup musik Indonesia yang pernah rekaman dan menginjakkan kaki di sana, itu baru luar biasa. Berikut ini adalah lima grup musik Indonesia yang pernah merekam album atau lagu-lagunya di studio paling legendaris di Inggris itu:

5 band Indonesia yang Pernah Rekaman di Abbey Road Studio

1. GIGI

Gigi Live Abbey Roads

Youtube

GIGI di Abbey Road Day One
Ada grup musik yang beken di tahun 1990-an dan pernah merekam album di Abbey Road Studio, mereka adalah GIGI, yang digawangi oleh Armand Maulana.
Album itu diberi tajuk Live at Abbey Road, dan dirilis pada 2014, tahun dimana mereka berulang tahun yang ke-20. Album ini menjadi album termahal yang pernah dijual oleh GIGI.

2. Maliq & D’Essentials

PHI

Setelah Gigi ada Maliq & D’Essentials pun merayakan ulang tahun ke-17 nya untuk rekaman album di Studio Abbey Roads . “Dalam rangka 17 tahun umur Maliq & D’Essentials, kita ingin merayakannya dengan cara yang spesial yaitu merekam ulang lagu-lagu pilihan dari album 1 sampai 7 di salah satu studio rekaman terbaik di dunia,” ungkap drummer Widi Puradiredja kepada PHI.

3. J-ROCK

Kapan Lagi

J Rocks Road to Abbey
J-Rocks patut berbangga diri, pasalnya, dari segelintir nama musisi Tanah Air yang pernah rekaman di Abbey Road, J-Rocks adalah yang pertama dari Indonesia untuk rekaman di studio tersebut.
Kesempatan ini mereka dapatkan ketika memenangkan ajang kompetisi bergengsi Soundrenaline pada tahun 2008 silam.
Akhirnya, mereka berhasil merekam mini album berjudul Road to Abbey. Yang lebih membanggakan lagi, sampul album mereka masuk dalam daftar 40 band yang merekonstruksi adegan legendaris The Beatles di Abbey Road.

4. /RIF

Liputan6

/Rif X Koil
Kembali ke ranah major label, kali ini ada grup musik legendaris Indonesia dari era 1990-an. Ya, mereka adalah /rif!
Dengan berkerjasama dengan Trilogy Live untuk memperingati 21 tahun karier musik /rif di Tanah Air, /rif akhirnya mulai konser-konser di luar negeri, dan nggak ketinggalan untuk rekaman di Abbey Road Studio.
Di sana, mereka berhasil merekam lagu berjudul Turn Off The Lights.

5. Indische Party

Indische Party

Setelah band-band major label, sekarang ada grup musik arus pinggir Indonesia yang pernah merekam albumnya di Abbey Road Studio, mereka adalah Indische Party.
Pada tahun 2015, mereka berhelat ke Abbey Road Studio karena berhasil memenangkan ajang kompetisi Converse Rubber Track.
Di sana, Indische Party merekam beberapa lagu, diantaranya adalah Ku Butuh Poundsterling dan On Vacation.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *